Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Topologi jaringan dan macam-macam model topologi jaringan

topologi jaringan dan macam-macam model topologi jaringan - Topologi jaringan – topologi merupakan suatu pola hubungan antara terminal dalam jaringan komputer. Pola ini sangat eret kaintanya dengan metode akses dan media pengiriman yang digunakan.

Topologi yang ada sangatlah bergantung dengan letak geografis dari masing-masing terminal , kualitas kontrol yang dibutuhkan dalam komunikasi ataup pun penyampaiana masing-masing terminal. Kualitas kontrol yang di butuhkan dalam komunikasi ataupun penyampaian pesan, serta kecepatan dari pengiriman data.

Topologi jaringan dan macam-macam model topologi jaringan
topologi merupakan suatu pola hubungan antara terminal dalam jaringan komputer
Model penyambungan antara komputer (topologi) di dalam sebuah jaringan ada beberapa macam model, sebagai berikut.
 

#a. poin to point (titik ke titik)

Jaringan kerja point to point atau biasa di sebut topologi bus merupakan jaringan kerja yang paling sederhana tetapi dapat di gunakan secara luas. Begitu sederhananya jaringan ini, sehingga seringkali tidak dianggap sebagai sutau jaringan tetapi hanya merupakan komunikasi biasa.


Dalam hal ini kedua simpul mempunyai kedudukan yang setingkat , sehingga simpul menapun dapat memulai dan mengendalikan hubunga dalam jaringan tersebut. Data dikirim dari satu simpul langsung ke simpul lainya sebagai penerima misalnya antara terminal dengan personal computer (PC)
 

#b. star network (jaringan bintang)

Pada topologi star, masing-masing worstation di hubungkan secara langsung ke server atau hub. Keunggulan dari topologi tipe ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap worstation ke server, bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kebel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan. 

Bila terdapat gangguan di suatu jalur kebel maka gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antar worstation yang bersangkutan dengan server, jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan

Kelemahn dari topologi satar adalah kebutuhan kabel yang lebih besar di bandingkan dengan topologi lainya.
 

#c. ring network (jaringan cincin)

Di dalam topologi ring sema workstation dan server di hubungkan sehingga terbentuk suatu pola laingkaran atau cincin. Tipa worksation ataupun server akan menerima dan melewatkan infomasi dari satu komputer ke komputer lain. Bila alamat-alamat yang dimaksudkan sesuai maka informasi di terima dan bila tidak informasi akan dilewatkan.

Kelemahan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut  mengelola informasi yang dI lewatkan dalam jaringan sehingga bila terdapat gangguan di sutau node maka seluruh jaringan akan terganggu.
Keungulan topologi ring adalah tidak terjaidnya collision atau tabrakan penggiriman data seperti pada topologi bus , karena hanya satu node danpat mengirimakan data pada suatu saat dan hemat kebel.

Saat ini perkembangan komunikasi dengan menggunakan komputer amat pesat. Sejak di temukannya teknik komunikasi data antar komputer, mulailah berkembang penggunaan jaringan computer di lembaga-lembaga bisnis maupun pendidikan dan riset serta lembaga-lembaga lainya. Jaringan computer yang memanfaatkan jaringan telepon dengan cakupan seluruh dunia yang kita kenal dengan nama internet (interconnection network) membuat cara berkomunikasi menjadi lebih mudah, jarak jauh pun seolah sudah tak ada lagi, mobilitas informasi menjadi sangat tinggi dan cepat, serta segala infomasi dei belahan dunia lain dapat dengan cepat di ketahui. Dengan memanfaatkan internet, anda dapat berkomunikasi tanpa batas ruang dan waktu.

Nah, sobat vorvit sekarang kamu sudah tahu bukan topologi jaringan kompter dari topologi bus, jaringan bintang dan jaringan cincin.

Semua jenis topologi jaringan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri tergantung kebutuhan dan penggunaanya. Sampai jumpa lagi pada artikel pendidikan lainya, makin tahu makin tambah ilmu.

Referensi : Keterampilan komputer dan pengolahan informasi – Bab 1 pengenalan jaringan – halaman 5 - zamrud

Baca juga :

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Topologi jaringan dan macam-macam model topologi jaringan"