Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan jaringan komputer serta manfaat jaringan komputer

Pengenalan jaringan komputer serta manfaat jaringan komputer - Jaringan komputer adalah sebuah system yang menghubungkan dua node (computer/device/virtual machine) atau lebih menggunakan media komunikasi berupa kabel (wire) atau tanpa kebel (wireless) sebagai parantara serta membutuhkan protocol-protokol komunikasi untuk bisa saling berbagi sumber daya seperti software atau data maupun perangkat keras seperti printer dan media penyimpanan.

Pengenalan jaringan komputer serta manfaat jaringan komputer
manfaat jaringan internet dalam kehidupan sehari-hari
Jaringan computer memungkinkan kita bekerja bersama-sama untuk meningkatkan penggunaan sumber daya yang ada dalam sebuah perusahaan/organisai , komunikasi dan arus informasi semakin cepat serta melindungi aset-aset penting perusahan/oraganisai yang semstinya di akses oleh pihak yang berwenang di dalamnya.
 

#manfaat jaringan komputer

Manfaat yang bisa di rasakan dengan adanya jaringa computer, yaitu bisa di kategorikan ke dalam sebuah perusahaan/organisasi dan masyarakan umum
 

#a. perusahaan/organisasi

 #1. Berbagi sumber daya
Dengan adanya jaringan computer sumber daya seperti data pada computer server atau perangkat keras seperti printer dan scanner bisa di sharing unatuk di gunakan secara bersama-sama. 

Manfaat seperti ini sangat terasa apabila di subah perusaan tempat kita bekerja memiliki beberapa ruangan/lantai/cabang perusahaan dan letaknya berjauhan. Dapat dibayangkan  ketika kita masih menggunakan cara konvensional seperti mendatangi satu cabang tersebut hanya untuk mengambil data, pasti akan memakan waktu yang lama. 

Akan tetapi dengan adanya teknologi jaringan computer , kita cukup dengan mengakses cabang yang akan kita ambil datanya dangan cepat tanpa membutuhkan waktu yang lama
 
#2. Arus informasi menjadi cepat
Jaringan computer membuat arus informasi dalam sebuah perusaan atau oraganisai menajdi cepat dan tidak di batasi oleh ruang dan tempat.
Informasi antara divisi atau cabang mengalir malalui jaringan computer tersebut tanpa perlu si karyawan/staf berpindah dari tempat ke tempat yang lain hanya untuk mendapatkan sebuah informasi
 
#3. Media komunikasi
Jaringan computer mejadi media komunikasi antara karyawan atau staf  yang ada dalam perusahaan/organisasi tersebut.


Media kimuniaksi dalam jaringan computer bisa berupa e-mail, chat, video conference, dan VoIP yang memungkinkan kita berbicara layaknay telepon umum atau sesluler
 
#4. Keamana data
Dari sisi keamana data, jaringan computer bisa menjamin hak akses setiap pengguna dalam perusahaan atau organisasi tersebut . sebagai conth misalnya pimpinan bisa mengakses data yang menjadi haknya untuk di akses dan tidak bisa diakses oleh orang lain seperti karyawam, atau security
 
#5. integrasi data
Data yang ada dalam sebuah organisasi atau perusahaan bisa saling terintegrasi satu sama lain seperti data penjualan, atau pembelian, Data stok gudang, data keuangan, dan data lainya. Dengan menggunakan jaringan kompter data tersebut akan saling berhubungan satu sama lain meskipun berasal dari divisi yang berbeda-beda.
 
#6. Efesiensi dan penghematan 
Dengan adanya jaringan computer, perusahaan atau organisasi bisa menghemat anggaran seperti transport dan anggaran yang sifatnya bisa di gantikan oleh jaringan computer. Hasil yang di dadapat oleh prusaan menjadi maksimal karena adanya efisiensi waktu dan sumber daya.
 

#b. masyarkat umum

Manfaat yang bisa di rasakan oleh mesyarakat umum adalah adanya jaringan computer yang maemiliki skala yang lebih besar atau yang bisa kita kenal dengan istilah internet. Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok. Dan gaya hidup bagi masyarakat umum dari berabagai kalangan.

Bagi pendidikan , internet biasa di manfaatkan untuk mecari sumber referensi seperi jurnal, dan referensi blog melalui website. 

Akses internet bisa dilakukan di mana saja dan menggunakan media seperti computer, notebook, dan smarphone , fasilatas yang biasa di manfaatkan oleh masyrakat di internet adalah e-mail , social media, miling list tau forum diskusi , caht room, dan video conference.
 
#1. E-mail adalah fasilitas di internet yang digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronik. Setiap orang harus memiliki alamat e-mail untuk dapat mengirim dan menerima e-mail ke orang lain.
 
#2. Social media, merupakan komunikasi yang ahir-akhir ini sedang tren di dunia maya, contohnya social media yang sering digunakan alah facebook, twitter, dan linked in.
 
#3. Mailing list/forum diskusi, sering di gunakan untuk berdiskusi  melaui e-mail dan melalui web forum
 
#4. Cahat rooms, fasilitas memungkinkan seseorang di internet bisa becakap-cakap dalam bentuk pesan text dan bisa membentuk sebuah group untuk bercakap cakap dengan banyak orang sekaligus
 
#5. vidio conference, dengan fasilitas ini memungkinkan kita bisa salaing bertatap muka dan berinteraksi secara real time dengan rekan yang berjauhan serta bisa malakukan meeting dengan beberapa tempat.
 
#6. VoIp teknologi ini bisa mentransfer suara lewat interent atau dengan kata lain VoIp sebaai solusi untuk menelpon seseorang dengan hanya menggunakan internet dan tidak perlu membayar pulsa seperti telepon seluler dan telepon umum

Nah, itulah ,manfaat jaringan internet untuk perusahaan/organisasi dan masyarakat umum.  Internet memang sudah menjadi kebutuhan pokok manusia pada abad ini, semua aktivitas harian tidak bisa lepas yang namanya intenet. Unuk itu jadilah pengguna yang bijak dalam berinternet, sampai jumpa lagi pada artikel pendidikan lainya.
 
Referensi : keterampilan komputer dan pengolahan informasi – bab 1 pengenalan jaringan – halaman 3 - zamrud

Baca juga : 

Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Pengenalan jaringan komputer serta manfaat jaringan komputer"